Saturday, December 24, 2011

Penyebab Bentrokan Berdarah di Bima (24/12/2011)

Bentrokan Berdarah di Kota Bima (NTB) - Bentrokan berdarah yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dari warga sipil kembali terjadi. Kali ini terjadi kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Kejadian yang berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 24 Desember 2011 ini disebabkan oleh aksi demo masyarakat yang menentang adanya izin pertambangan emas untuk salah satu perusahaan di Kota Bima (NTB).

Bentrokan berdarah di Bima berawal dari pendudukan masyarakat yang berdemo terhadap pelabuhan feri di kota Bima. Warga menginginkan pencabutan SK pemberian izin penambangan tambang emas yang dikeluarkan Bupati. Namun pemerintah daerah Bima menolak permintaan masyarakat sehingga masyarakat melakukan demo besar-besaran yang berujung bentrokan berdarah melawan polisi di Bima.

Selain menuntut pencabutan SK ijin penambangan yang dikeluarkan Bupati Bima. Warga pendemo juga menuntut pembebasan warga yang ditahan karena aksi pembakaran kantor kecamatan yang pernah terjadi sebelumnya.

Berdasarkan berita yang kami dapatkan akibat dari bentrokan berdarah di Bima NTB ada 2 korban tewas dari warga masyarakat menurut versi kepolisian. Sementara menurut versi Walhi NTB ada 5 warga yang telah dinyatakan tewas, 4 orang telah diidentifikasi dan satu orang lainnya belum diketahui identitasnya.


No comments:

Post a Comment