Friday, November 23, 2012

Pilih Beli Modem GSM atau CDMA?

Modem CDMA atau GSM? | Modem Apa Yang Bagus? | GSM atau CDMA? - Banyak yang bertanya-tanya saat dia akan membeli modem, apakah harus membeli modem jenis CDMA atau modem GSM. Manakah sebenarnya yang paling bagus untuk dipakai internetan.

Sebenaranya antara modem GSM atau modem CDMA sama-sama bagus, itu jika anda berada di kota besar seperti Jakarta, Bandung atau Surabaya. Jika anda akan membeli modem, perhatikan dulu situasi di lingkungan tempat tinggal anda. Apa sinyal yang paling kuat di sekitar rumah anda.

Perhatikan tower operator yang ada di lingkungan tempat tinggal anda. Terus perhatikan apakah jaringan data operator tersebut sudah berbasis HSDPA untuk GSM ata EVDO untuk CDMA. Ini penting karena akan sangat berpengaruh ke kecepatan jaringan internet anda nantinya.

Sebagai contoh, karena saya berada di kota yang jaringan koneksi CDMA nya mulai bagus dengan koneksi EVDO dan letak tower operator penyedia jasa koneksi modem CDMA tersebut berada dekat dari rumah. Maka saya ambil keputusan membeli modem CDMA.

Nah selanjutnya soal harga, antara modem CDMA dan GSM tidak beda jauh. Keduanya berada di kisaran harga 200 ribu dan 250 ribu rupiah. Tergantung anda yang menilai jaringan sekitar rumah anda, kemudian putuskan jenis modem terbaik yang harus anda beli. Selamat membeli Modem.

No comments:

Post a Comment