Lafaz Niat Puasa Ramadhan dan Do'a Berbuka

Lafaz Niat Puasa Ramadhan dan Do'a Berbuka - Dua hal inilahyang penting untuk diketahui kaum muslimin ketika bulan suci ramadhan telah tiba, terutama bagi adik-adik yang belum pernah mengetahuinya sebelumnya. Tak lupa juga buat bapak dan ibu serta saudara-saudara kaum muslimin yang mungkin agak lupa dengan keduanya.

Baiklah sebagai gambaran bahwa setiap kita sahur, pastilah kita akan mengucap sebuah niat dan kemudian pada saat akan berbuka puasa pun kita berdo'a sebelum mencicipi makanan berbuka. Ini penting untuk menjadikan puasa kita lebih sempurna dan semoga diterima amalnya olehNya.

Niat Puasa


Lafaz niat puasa katanya bisa diucapkan sekali saja pada saat sahur pertama dan makin baik lagi kalau diucapkan setiap hari pada saat sahur. Apapun yang anda ikuti caranya atau niatnya yang penting adalah puasa anda benar sesuai ajaran agama.

Dikutip dari salah satu media Islam, berikut ini lafaz niat puasa di bulan suci Ramadhan :
Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan dalam tulisan Bahasa Indonesia
Nawaitu souma godhin an adaa i, fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi taaalaa

Artinya :
Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala

Do'a Berbuka Puasa


Kalau yang satu ini sepertinya tidak perlu diperdebatkan lagi, bagi yang berpuasa di bulan suci Ramadhan pasti akan mengucapkan do'a sebelum berbuka dan jika belum mengetahui lafadz do'a berbuka puasa, silahkan lihat di bawah :

Bacaan Do'a Berbuka Puasa dalam tulisan Bahasa Indonesia
Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'alaa rizqika afthartu birahmatika yaa arhamarroohimiin

Artinya :
Ya Allah keranaMu aku berpuasa dan kepadaMu aku beriman dan di atas rezekiMu aku berbuka; Dengan RahmatMu wahai yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

1 Response to "Lafaz Niat Puasa Ramadhan dan Do'a Berbuka"

  1. Wah, sangat bermanfaat sekali informasinya mas :)

    ReplyDelete

wdcfawqafwef