Wednesday, November 9, 2011

Sejarah Sea Games

Southeast Asian Games atau lebih dikenal dengan nama SEA Games, adalah sebuah acara olahraga multi dua tahunan yang melibatkan peserta dari 11 negara Asia Tenggara saat ini. Permainan di bawah peraturan dari Asia Tenggara Games Federation dengan pengawasan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia.

Southeast Asian Games asal-usulnya ke Olimpiade Tenggara Semenanjung Asia atau SEAP Games. Pada tanggal 22 Mei 1958, delegasi dari negara-negara di semenanjung Asia Tenggara yang menghadiri Asian Games ke-3 di Tokyo, Jepang telah bertemu dan sepakat untuk membentuk sebuah organisasi olahraga. Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaya (sekarang Malaysia), Laos, Vietnam Selatan dan Kamboja (dengan Singapura termasuk sesudahnya) adalah anggota pendiri. Negara-negara ini sepakat untuk mengadakan Olimpiade dua kali setahun.

Para SEAP Games Federation Komite kemudian dibentuk dibentuk untuk menaungi ajang dua tahunan ini. SEAP Games pertama yang diadakan di Bangkok 12-17 Desember 1959 diikuti lebih dari 527 atlet dan official dari Thailand, Burma, Malaya (sekarang Malaysia), Singapura, Vietnam Selatan dan Laos berpartisipasi dalam 12 cabang olahraga.

Pertandingan terakhir yang diadakan adalah Sea Games 2009 (berjalan dari 9-18 Desember) yang merupakan pertama kalinya Laos yang pernah menggelar Sea Games. Hal ini juga memperingati 50 tahun SEA Games, yang diselenggarakan di Vientiane, Laos. Tuan rumah untuk Sea Games 2011 Tenggara adalah Indonesia. Permainan dimulai dan berkembang sangat lancar, bagaimanapun, pujian dan pujian yang diungkapkan oleh banyak atlet, pejabat olahraga dan pers-Laos sekarang bergabung dengan daftar negara yang telah berhasil menyelenggarakan Asian Games Tenggara. Kita semua juga berharap Indonesia mampu menjadi penyelenggara yang baik di Sea Games 2011 ini. Sementara Sea Games 2013 akan diselenggarakan di Myanmar.

No comments:

Post a Comment