Tuesday, November 26, 2013

Pengalaman Mengikuti Tes Diskusi Kelompok Untuk Masuk Kerja

Cara Menghadapi Tes Diskusi Kelompok? Apa itu FGD? Tips Mengikuti Tes FGD - Salah satu tahapan dalam menembus ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan adalah tes disuksi kelompok atau dalam istilah bahasa inggris disebut dengan nama Focus Grup Discussion (FGD).

Dalam sesi tes FGD ini, kita akan didampingi oleh seorang Psikolog untuk setiap kelompok, karena jika pada tahapan tes tersebut ada banyak peserta maka otomatis akan dibagi dalam beberapa kelompok yang bisasanya terdiri dari 5 sampai 10 orang saja.

Jadi dalam tes diskusi kelompok ini kita diberi semacam kasus dimana permasalahan dalam topik yang diberikan harus dipecahkan. Misalnya anda diberi kasus/atau topik terdampar di luar angkasa, kemudian tiap anggota kelompok diskusi diberi selembar kertas mirip angket. Anda diminta memilih barang yang diutamakan dibawa berurutan dari yang terpenting sampai yang terakhir

Anda diminta untuk memperlihatkan jati diri anda sesungguhnya bukan yang dibuat-buat. Jadi pada saat diskusi dengan anggota kelompok lain ada baiknya jangan pura-pura hebat dalam diskusi atau mendominasi diskusi. Sebaiknya utarakan pendapat yang brilian yang berbeda dengan orang lain karena dari situ anda akan dinilai pemikirannya yang bisa memberi warna dalam diskusi.

Itulah sedikit pengalaman mengikuti tes FGD saat ikut seleksi CPNS di salah satu intansi pemerintah setingkat dengan departemen. Secara keseluruhan saat admin ikut tes, sangat menguras energi, karena tes psikologi bukan hanya FGD tapi ada banyak bentuk tes. Selain itu ada tes potensi akademik dan TOEFL serta di hari terakhir ada tes wawancara berhadapan dengan dua petinggi instansi tersebut.

No comments:

Post a Comment