Monday, September 29, 2014

Tanggal Jatuhnya Hari Lebaran Idul Adha tahun 2014 / 1453 H

Kapan Lebaran Idul Adha 2014 - Inilah pertanyaan yang saat ini ada di pikiran banyak ummat muslim di tanah air. Pemerintah Indonesia kabarnya sudah menetapkan hari raya Qurban pada tanggal 5 Oktober 2014 atau hari Minggu nanti.

Ini jelas sesuatu yang baik karena bertepatan dengan hari libur jadi banyak perusahaan yang tidak perlu lagi cuti hari raya untuk para karyawannya. Tapi bagi para pekerja, karyawan atau pegawai ini adalah sesuatu yang kurang menyenangkan kalau pemerintah tidak menetapkan kebijakan cuti bersama khusus Idul Adha. Sepertinya memang tidak ada cuti karena akhir pekan banyak yang libur juga.

Tanggal Jatuhnya Hari Lebaran Idul Adha tahun 2014 / 1453 H

Tapi apakah anak-anak sekolah akan punya waktu lama bersama orang tua mereka untuk menikmati liburan. Semua bergantung pada masa libur masing-masing. Kadang di jadwal lebaran Idul Adha tahun 2014 ada yang tidak punya hari libur, namun yang lainnya malah kelebihan libur. Semuanya pasti ada hikmahnya, jadi dijalani saja dan selanjutnya atur jadwal lagi agar bisa berlibur bersama keluarga dalam waktu yang relatif cukup lama.

Perayaan Idul Adha tanggal 5 Oktober 2014 versi Pemerintah ternyata berbeda dengan yang ditetap salah satu ormas yaitu Muhammadiyah yang menetapkan lebaran Qurban atau lebaran Haji pada tangga 4 sehari sebelum versinya Departemen Agama dalam hal ini pihak Pemerintah Republik Indonesia yang akan diikuti oleh banyak masyarakat. Pengumuman oleh Muhammadiyah kebanyakan hanya diikuti oleh anggotanya, jadi tidak akan ada pertentangan antar warga karena ini sudah menyangkut keyakinan mereka pada metode yang digunakan untuk menetapkan tanggal jatuhnya Idul Adha 1435 Hijriyah tahun ini.

Hasil sidang Isbat Kementerian Agama mewakili pemerintah pusat yang digelar pada hari Rabu tanggal 24 September 2014 yang lalu sudah menjadi fatwa yang sah dan bisa diikuti oleh semua ummat Islam di Indonesia. Dalam sidang itu tidak hadir Ketua Umum Muhammadiyah yang juga sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin. Sebelumnya Muhammadiyah sudah mengumumkan Idul Adha 1435 H jatuh pada 4 Oktober 2014. Jadi mungkin ini sesuatu yang tidak baik bagi rakyat tapi mau apalagi keadaans udah seperti ini, dinikmati saja seperti menikmati lezatnya masakan di hari Iduk Adha nanti.

No comments:

Post a Comment